PERKIRAAN POPULASI MANUSIA DI DUNIA SAAT INI

MP3 Online Ku..... Enjoy...!!

Selasa, 17 Juni 2008

Menemukan IP Router

Menemukan IP Router

(diedit oleh: Syafran Nasution)


Bagaimana menemukan IP Router?

Tentu saja ada kasus-kasus dimana alamat IP router tidak diketahui. Bila DHCP di"disable"kan pada router, anda tidak akan diberikan sebuah IP atau sebuah default gateway (alamat IP router). IP default kemungkinan bukan 192.168.1.1 atau barangkali sudah dirubah dari default-nya. Tanpa mengetahui alamat IP, tidak akan mungkin melakukan upgrade firmware atau merubah setingan router. Bila anda tidak memiliki manual router, anda dapat mencoba melihat setingan default pabrik router secara online:

  • factorydefaults.com - Bukan daftar yang banyak, tapi memiliki sekitar 40 ata router-router yang umum digunakan dan mempunyai alamat IP untuk semuanya.
  • phenoelit-us.org - Sebuah daftar yang banyak, tapi tidak mempunyai alamat IP untuk semuanya.

Segera sesudah anda tahu IP router default tersebut, ubah alamat IP komputer anda ke subnet yang coco dari defult IP router. Sebagai contoh, bila alamat default router adalah 192.168.10.1, set IP komputer secara manual ke 192.168.10.77 dengan 192.168.10.1 sebagai gateway. Jalankan perintah ping pada window pada router tersebut secara kontinu:

ping -t 

Bila anda masih tidak menerima respon, kemungkinan alamat IP telah dirubah dari default-nyat. Putuskan semua koneksi dari router tersebut dan jalankan perintah arp pada window utnuk menemukan berapakah alamat IP:

arp -a

Anda dapat menerima respon dari router ketika berada pada suatu subnet yang berbeda dari komputer anda. Bila anda menerima suatu respon, keluannya akan memberikan alamat IP router tersebut. Segera sesudah alamat IP router anda diketahui, ubah alamat IP komputer anda ke subnet yang sesuai dengan router tersebut seperti yang dijelaskan diatas. Sekarang anda akan dapat melakukan ping ke router dan menerima responnya.

(Sumber: http://www.dd-wrt.com/wiki/index.php/Obtaining_Router_IP)

Tidak ada komentar: